Communicate among the guest and colleagues for great services
Telephone Operator, section di FO yang menyampaikan permintaan tamu kepada departemen terkait, berkomunikasi untuk membuat tamu nyaman semasa tinggal.
Telephone Operator merupakan salah satu section (sub-departemen) Front Office sebagai pusat komunikasi secara tidak bertatap muka dengan tamu yaitu dengan menggunakan media telepon. Sebagai seorang Telephone Operator, staf di section ini harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. telephone Operator akan menangani panggilan telepon secara internal dengan para tamu (internal call) juga menangani panggilan telepon secara eksternal (external call) dari luar hotel yang diminta untuk disambungkan ke nomor extension tertentu, baik staf maupun tamu hotel.
Internal call yang ditangani berkaitan dengan segala permintaan tamu (guest request) dimana penyelesaiannya tidak hanya bisa dilakukan di Front Office, namun seorang Telephone Operator harus mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan semua staf di semua departemen di hotel dalam menyelesaikan segala permintaan tamu.
Selain menangani Internal call, external call dan guest request, seorang Telephone Operator juga memiliki berbagai tugas tambahan seperti menangani dan menjaga semua peralatan audio visual yang ada di front Office, menangani setiap transaksi panggilan telepon di kamar tamu yang seharusnya masuk ke dalam bill atau folio tamu, serta membuat laporan harian dan bulanan pemakaian telepon di Front Office.
Kelas ini sangat cocok untuk memulai karir di hotel, karena akan berkomunikasi, berkoordinasi dan mampu mengenal hotel secara menyeluruh.
Periode Kelas Baru : Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember.