The Basics of Working as a Reservation Agent

Online Zoom

Overview Isi Materi Review

Facilitator : Indra Yadnya, S.S, CHE - Hendru Maulana Yusuf, S.S.

How to handling reservation request in Hotel Industry

Highlight :

Reservation adalah salah satu bagian/section di departemen Front Office yang bertugas menangani permintaan, pemesanan dan pembatalan kamar sebelum tamu menginap di hotel.

Detail :

Secara garis besar The Guest Cycle (The Guest Service Rotation) dapat digolongkan menjadi empat, yaitu;

  1. Pre Arrival
  2. Arrival
  3. In House
  4. Departure

Pre-arrival merupakan proses paling awal dari perputaran proses tamu tinggal di hotel. Dengan mendapatkan informasi yang cukup dan penawaran yang masuk akal anatara produk, fasilitas, layanan, harapan (ekspektasi) tamu akan menyatu sehingga tamu bisa memutuskan untuk tinggal di sebuah hotel.

Prosedur penanganan reservasi yang efisien memberikan ruang dan waktu yang cukup kepada Reservation Agent untuk mendapatkan informasi – informasi penting yang dibutuhkan dan juga untuk kepentingan pemasaran layanan hotel.

Seorang Reservation Agent harus bisa merespon baik pertanyaan dan permintaan customer dengan cepat dan akurat serta memproses sebuah reservasi kamar di kemudian hari. Menangani sebuah proses reservasi dengan baik merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah proses reservasi dan kesuksesan sebuah perusahan yang bergerak dalam penyewaan kamar, atau yang disebut dengan lodging property.

  • Durasi Belajar : 12 kali pertemuan (Dalam 1 bulan)
  • Biaya Program : Rp. 1.250.000,-
  • Fasilitas : Hybrid Class, Polo Shirt, e-Modules, Sertifikat dari Elizabeth International Hotel & Business School (Printed & e- Certificate), Ezzy Member Card.
  • Jadwal Kelas : Senin, Selasa & Rabu atau Kamis, Jumat dan Sabtu
  • Waktu : 10.00 WIB – 12.00 WIB atau 17.00 WIB – 19.00 WIB

Periode Kelas Baru : Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember.

Kelas ini belum bisa di beli.
Silahkan pilih Upcoming Course dibawah.
14 Course
Mr. Indra Yadnya, menekuni dunia perhotelan diawali dari bidang telemarketing untuk pemasaran kamar hotel, dan memulai karir di Front Office sebagai seorang Guest Service Officer yang mengerjakan bidang Bell dan Concierge Service, yang pada tahun berikutnya dipromosikan sebagai Guest Service captain. Beberapa predikat yang diaraih sepanjang karir di dunia hotel, seperti Team Member of the Month, Team Member of the Year Nominee, Supervisor of the Month dan Supervisor of the Year Nominee. Keahlian memberikan training kepada para team member, menjadikan ia terpilih untuk mendapatkan pelatihan khusus sebagai DDT (Designated Departmental Trainer) yaitu trainer bersertifikat di departemen Front Office. Read More ...