Strategi Jitu Meningkatkan Pendapatan Hotel: Revenue Management, Room Upsell, dan F&B Upsell
Dalam industri perhotelan yang sangat kompetitif, memaksimalkan pendapatan bukan hanya soal meningkatkan jumlah tamu, tetapi juga soal mengelola pendapatan secara strategis. Tiga strategi utama yang terbukti efektif adalah Revenue Management, Room Upsell, dan F&B Upsell. Mari kita bahas bagaimana masing-masing strategi ini berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan hotel.
1. Revenue Management: Mengelola Harga secara Dinamis
Revenue Management adalah seni dan ilmu dalam menjual kamar yang tepat, kepada tamu yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan harga yang tepat. Dengan menggunakan data dan analisis, hotel dapat:
-
Mengoptimalkan tarif kamar berdasarkan permintaan, musim, hari dalam minggu, dan tren pemesanan.
-
Meningkatkan RevPAR (Revenue per Available Room) dengan strategi harga dinamis.
-
Menghindari overbooking atau underbooking dengan perencanaan yang lebih akurat.
Contoh Implementasi:
Hotel menggunakan sistem RMS (Revenue Management System) untuk menyesuaikan tarif secara otomatis saat permintaan naik—misalnya saat ada event besar di kota.
Dalam hal ini, ezzyclass.id by Elizabeth International kembali menghadirkan sebuah seminar eksklusif yang sangat relevan untuk anda dalam menghadapi tren bisnis digital untuk e-commerce terutama di industri pariwisata saat ini yang berjudul Uncovering Secret Seminar : “Bridging the Gap: Integrating E-commerce and Revenue Management for Maximum Profitability”
Narasumber:
👨💼Bapak Gede Gunawan, MBA - Tourism Practitioner
👨💼Bapak Putu Surya Aryasoma - CEO Puri Gangga Resort & Chairman of Ubud Hotel Association (UHA)
Benefits yang akan diterima peserta:
• Sertifikat Cetak
• Makan Siang & Coffee Break
• Starter Kit Eksklusif
• Materi Seminar Lengkap
• Sesi Networking Profesional
• Doorprize Menarik
Seminar ini akan menghadirkan strategi-strategi nyata dan aplikatif untuk memaksimalkan profit melalui integrasi antara e-commerce dan revenue management.
Sangat relevan bagi para pelaku bisnis hotel, villa, homestay, serta tim sales, marketing, dan operasional yang ingin meningkatkan efektivitas penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan mengoptimalkan pendapatan secara berkelanjutan.
Untuk informasi dan pendaftaran, silakan klik:
https://bit.ly/PendaftaranUncoveringSecret160525
Atau hubungi kami langsung melalui WhatsApp berikut:
+62 811 38111888 - Ezzyclass.id
Seminar ini sangat cocok untuk :
• Revenue analyst
• Sales / E-Commerce
• Reservation
• Revenue Association
• Villa management
• Mahasiswa
• Digital preneur / e-commerce agency
• Dosen revenue/marketing
2. Room Upsell: Meningkatkan Nilai Transaksi Setiap Tamu
Room Upsell adalah strategi menawarkan kamar dengan kategori lebih tinggi kepada tamu yang sebelumnya memesan kamar standar, dengan tambahan biaya yang relatif kecil. Teknik ini tidak hanya meningkatkan pengalaman tamu, tetapi juga membantu meningkatkan pendapatan hotel secara signifikan.
Room upsell dapat dilakukan pada beberapa momen penting, seperti:
-
Check-in di resepsionis dengan penawaran personal.
-
Email pre-arrival yang menawarkan upgrade dengan harga khusus.
-
Online booking engine dengan opsi upgrade yang menarik.
Manfaat:
-
Pendapatan per transaksi meningkat, tanpa perlu menarik tamu baru.
-
Pemanfaatan kamar premium meningkat yang biasanya memiliki margin lebih tinggi.
-
Pengalaman tamu meningkat, yang berpotensi menghasilkan ulasan positif.
Salah satu keberhasilan suatu departemen di sebuah Hotel adalah dengan meningkatnya pendapatan sebuah Hotel, tidak hanya menjual kamar (upselling) namun juga fasilitas pendukung lainnya (Cross Selling).
Teknik Upselling yang bisa kita implementasikan secara efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan 4 teknik jitu yang pastinya akan membawa kita pada tingkat kesuksesan dalam pendapatan/Revenue Hotel.
Teknik room upselling ini terdiri dari empat step, diantaranya:
-
Tune In, kita harus bisa memberikan greeting yang baik dan penuh dengan antusias dan hangat.
-
Identify opportunity, yaitu tahapan kita untuk memastikan reservasi tamu dengan cara membuat percakapan ringan bersama tamu.
-
Match needs, kita sudah mulai memberikan pilihan kamar atau option - option untuk tamu dengan menjelaskan kelebihan - kelebihan yang dimiliki dari jenis kamar tertentu.
-
Seek agreement, kita harus menunggu respon tamu, bagaimana langkah kita apabila tamu menolak dan apabila tamu belum bisa memutuskan?
Dapatkan penjelasan lengkapnya dalam materi ini pada salah satu feature yang tersedia di ezzyclass.id yaitu RTL atau “Ready to Learn Course” dengan judul “4 Steps Effective Room Upselling Technique” dengan klik link berikut ini: https://ezzyclass.id/4-steps-effective-room-upselling-technique, dan anda akan mendapatkan insight yang bermanfaat yang bisa anda implementasikan dengan efektif dan efisien.
Pada feature RTL atau “Ready to Learn Course” anda akan mendapatkan penjelaskan secara hybrid yaitu sudah disediakan penjelasan dengan video oleh fasilitator, kemudian terdapat materi dengan format PDF yang bisa di print, kemudian ada kuis yang harus dikerjakan, dan diakhir materi anda akan mendapatkan sertifikat telah berhasil mengikuti pelatihan ini yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan untuk menunjang karir kedepannya.
Kelas ini sangat cocok untuk :
-
Karyawan Hotel
-
Anda para siswa SMA - SMK
-
Mahasiswa - Mahasiswi
-
Fresh Graduate
-
dan Profesional muda
3. F&B Upsell: Maksimalkan Potensi Restoran & Room Service
Restoran serta layanan makanan dan minuman di hotel memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan melalui strategi up selling yang tepat.
Dengan pendekatan yang halus namun efektif, staff dapat mendorong tamu untuk memilih produk dengan nilai lebih tinggi tanpa terkesan memaksa.
Beberapa contoh strategi up selling yang dapat diterapkan antara lain:
-
Menawarkan paket sarapan saat pemesanan kamar.
-
Pelayan restoran menawarkan minuman atau makanan tambahan.
-
Promosi bundling, seperti “makan malam romantis + wine”.
Hasilnya:
-
Meningkatkan Average Check Value per tamu restoran.
-
Mendorong penggunaan outlet F&B internal daripada tamu makan di luar.
-
Mengoptimalkan profitabilitas, terutama karena margin pada makanan/minuman biasanya tinggi.
Dapatkan materi RTL mengenai upselling di department F&B bersama ezzyclass.id dengan materi yang berjudul “Be Great Up-Seller in Restaurant - Spirit Knowledge for Your Up-Selling Weapon”
dengan klik link berikut ini: https://ezzyclass.id/be-great-up-seller-in-restaurant-spirit-knowledge-for-your-up-selling-weapon dan anda akan mendapatkan insight yang bermanfaat yang bisa anda implementasikan dengan efektif dan efisien.
Kelas ini didedikasikan kepada sahabat ezzyclass.id yang saat ini sedang belajar pada bidang F&B, Anda yang saat ini adalah seorang yang berprofesi sebagai profesional yang bergerak dibidang Food & Beverage, Jadi bisa dikatakan kelas ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mempelajari baik Anda yang sedang mempersiapkan diri dan meniti karir di dunia F&B.
Dalam Course ini akan membahas 5 module singkat, cepat dan tepat untuk kalian yang ingin memiliki skill sales kuat pada penjualan spirit dengan juga memahami pengetahuan dasar tentang Minuman terutama Minuman Alkohol pada Jenis Spirit.
Dapatkan penjelasan lengkapnya dalam materi ini, dan anda akan mendapatkan insight yang bermanfaat yang bisa anda implementasikan dengan efektif dan efisien dalam kehidupan profesional maupun bisnis.
Kelas ini sangat cocok untuk anda:
-
Siswa SMA/SMK yang ingin belajar Bisnis dan Akuntansi
-
Mahasiswa/i
-
Fresh Graduated
-
Karyawan / Staff Hotel
Kesimpulan
Penerapan strategi Revenue Management, Room Upsell, dan F&B Upsell secara terintegrasi dan konsisten dapat memberikan dampak signifikan terhadap total revenue sebuah hotel.
Lebih dari sekadar meningkatkan pendapatan, pendekatan ini juga mampu menciptakan pengalaman tamu yang lebih personal dan bernilai, sehingga mendorong loyalitas pelanggan dan memperkuat citra merek hotel di mata pasar.
Dengan strategi yang tepat dan eksekusi yang berkelanjutan, hotel dapat bersaing lebih efektif di industri yang semakin dinamis dan kompetitif.
-HNDR-