Online Zoom
Facilitator : Hendru Maulana Yusuf, S.S. – Front Office & Digital Marketing Operations Manager
Being Analytic to Provide Precise Guest Transactions.
Highlight :
Salah satu keahlian yang sangat penting dimiliki oleh seorang Reception adalah harus bisa menguasai cashiering.
Tidak hanya menerima pembayaran(Cash, Kartu debit/kredit, tranfer, City Ledger, payment gateway), mengembalikan kelebihan pembayaran tamu, mengumpulkan supporting bill dan lain sebagainya, namun ketepatan analisa pembayaran juga harus dikuasai dengan baik
Detail :
Tamu yang menginap tidak semua datang dari dalam negeri kita sendiri yang mengerti jenis mata uang di Indonesia, yaitu Rupiah. Namun tamu yang menginap adalah berasal dari Negara lain yang mana mata uang tamu – tamu tersebut memiliki keanekaragaman nilai tukar terhadap Rupiah.
Maka dari itu, seorang Reception harus memahami mata uang asing global yang sering dijadikan acuan sebagai pembagi, dalam hal ini contohnya banyak tamu bertanya perbandingan mata uang Indonesia terhadap US Dollar.
Dalam hal ini, setiap hotel memiliki Bookeeping Rate yang berbeda2 dengan Hotel lain karena berdasarkan perhitungan kebijakan dari Hotel – Hotel tersebut. Namun semua Hotel menerapkan Bookeeping Rate berdasarkan acuan dari Bank Indonesia terhadap nilai tukar mata uang asing.
Namun dewasa ini, dari Hotel sendiri tidak menyediakan fasilitas untuk tukar menukar mata uang asing terhadap Rupiah dikarenakan peraturan dari pemerintah, maka dari itu pada saat ini banyak Hotel yang bekerjasama dengan pihak penukaran uang (Authorized Money Exchange) yang sudah di setujui oleh pemerintah.
Kelas ini sangat cocok untuk :
Jangan menunggu lagi. Segera ambil kesempatan baik ini sekarang juga!
Improve your Public Speaking and Presentation Skill “Win Over Your Audience !”
Online
21:46
Housekeeping and Sustainability in Hotel Industry
Online Zoom
Kamis, 09 Januari 2025
14:30 - 16:00