Tiga Skill Utama Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Front Office Attendance

Hi sahabat ezzy, pada artikel kali ini kita akan membahas kemampuan apa saja yang harus dimiliki seseorang yang ingin melanjutkan karirnya di bidang perhotelan khususnya pada departemen Front Office. Seperti yang kita ketahui Front Office menjadi departemen yang sangat penting di perhotelan, banyak yang menyebutkan bahwa departemen ini adalah jantung atau urat nadi dari Hotel itu sendiri, mengapa demikian, pertama karena Front Office adalah departemen yang bisa sering bertatapan secara langsung kepada tamu, dan juga departemen ini sering menjadi penghubung antara customer dan juga departemen yang lain di hotel. Secara tidak langsung bagus tidaknya pengalaman tamu itu di hotel sangat bergantung dari komunikasi yang dilakukan oleh departemen Front Office itu sendiri baik kepada tamunya ataupun kepada departemen lainnya yang ada di hotel tersebut. Salah satu contohnya di saat ada tamu yang datang ke hotel bertujuan untuk honeymoon , departemen pertama yang mengetahuinya adalah Front Office itu sendiri, nah apabila kita ingin memberikan pengalaman yang terbaik, kita akan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan pengalaman yang tidak terlupakan selama tamu tersebut menginap, pertama kita dapat berkoordinasi dengan departemen Housekeeping untuk menyiapkan dekorasi kamar yang romantis, begitu pula kita bisa berkomunikasi dengan Pastry untuk menyiapkan honeymoon cake, atau bisa kita berkomunikasi dengan FB departemen di dalam menyiapkan candle light dinner di restaurant. Sehingga pengalaman yang di dapat oleh tamu tersebut menjadi menyenangkan dan juga akan merasakan kepuasan yang berlebih. 

Seperti informasi di atas, berarti tugas dan tanggung jawab seorang Front Office tidaklah mudah, jadi kemampuan apa saja yang harus dimiliki selain memiliki pengetahuan tentang Sequence of service di dalam melakukan check-in ataupun check-out? Seorang Front Office haruslah memiliki kemampuan tangible maupun intangible, memang betul Front Office memiliki berbagai macam section di dalamnya (tergantung besar kecilnya hotel tersebut) maka dari itu setiap sectionnya haruslah memiliki sikap dasar yang sama, sebelum kita membahas mari kita mengingat kembali section apa saja yang ada di dalam tubuh Front Office, yang pertama ada Reception, Telephone Operator, Concierge, Guest Relation, Reservation (beberapa hotel section ini berada dibawah Sales and Marketing Departemen) ada Room Controller, Butler Service, dll. Setiap section tersebut pastilah memiliki tugasnya masing-masing, dan juga memiliki skill yang berbeda, contoh seorang Concierge yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap barang bawaan tamu ke hotel pastinya harus memiliki skill yang mumpuni di dalam penanganan barang-barang tersebut, salah satu contohnya skill Lifting dan Stacking. Lifting yaitu skill di dalam mengangkat barang dan Stacking yaitu skill di dalam menempatkan atau menumpuk barang. 

Selain keahlian-keahlian setiap section yang harus dimiliki, ada beberapa kemampuan yang mendasar harus dimiliki oleh orang yang ingin fokus terhadap karirnya di Front Office. Pertama yaitu kemampuan di dalam Berkomunikasi yang baik, kemampuan ini haruslah dimiliki oleh staff di Front Office karena departemen ini sebagai guest contact dan pemberi informasi baik internal informasi maupun eksternal informasi sehingga mengharuskan seorang Front Office harus memiliki teknik berkomunikasi yang baik, selain itu saat ini kebutuhan hotel sudah semakin kompleks, semakin banyaknya tamu yang datang dari mancanegara seorang Front Office haruslah baik didalam berkomunikasi di dalam berbahasa Inggris dan ada beberapa hotel juga yang memerlukan seorang Front Office yang bisa berkomunikasi dengan Bahasa asing lainnya selain Bahasa Inggris. Pada kesempatan ini penulis juga ingin menyampaikan kampus vokasi terbaik di Bali saat ini Kampus Elizabeth International memiliki program Teach Cast yang bekerja sama dengan Oxford University di dalam menunjang mahasiswanya untuk bisa berbahasa Inggris yang baik, selain itu kampus perhotelan ini juga memiliki kelas vokasi Bahasa asing tambahan lainnya sehingga menjadikan mahasiswa-mahasiswi akan mampu bersaing dalam mencari pekerjaan kedepannya.

Memiliki rasa emphaty adalah salah satu point utama yang harus dimiliki oleh staff Front Office, seperti yang kita ketahui salah satu tugas dan tanggung jawab seorang Front Office adalah menangani keluhan tamu. Banyak orang beranggapan bahwa complained adalah momok yang menakutkan, padahal tidak demikian karena pada saat ada complained kita harus mampu merasakan yang dirasakan tamu tersebut. Disaat kita merespon dan memberikan solusi yang tepat mereka akan selalu berterima kasih dan juga biasanya akan mengingat diri kita, maka dari itu banyak dari staff Front Office biasanya akan menerima good review dari tamu-tamunya, tidak hanya pada saat tamu complained saja kita bisa menerapkan rasa emphaty ini tapi bisa kapan saja, contoh apabila kita sedang menghadapi tamu yang sedang menggendong bayinya disaat bersamaan bayi tersebut sedang menangis karena kepanasan, dan kebetulan kamar yang dia pesan belum siap. Kita bisa menawarkan kamar lainnya dan memberikan temporary room kepada orang tersebut, karena kita memposisikan diri kita sebagai tamu yang membawa bayi (sedang menangis) dan pastilah tidak mudah disaat tersebut. Di Kampus Elizabeth yang juga kampus bisnis terbaik ini, mahasiswa juga akan diajarkan basic fundamental ini, karena para instructor dan pengajarnya yang sudah berpengalaman di dalam operasional hotel selama berpuluh-puluh tahun, sehingga mahasiswanya tidak akan kaget dengan situasi yang ada di hotel.

Reliable (dapat diandalkan), point ini penulis rasa harus dimiliki oleh tiap-tiap section yang ada di Front Office. Seperti yang kita ketahui dengan banyaknya tugas di departemen ini maka banyak juga tanggung jawab yang diemban dari tiap-tiap sectionnya, contoh section Concierge yang memiliki tugas dalam menangani barang bawaan tamu baik yang akan check in ataupun check out memiliki tanggung jawab yang besar didalam memelihara maupun menjaga barang-barang dari tamu tersebut, yang kita ketahui beberapa barang tamu tersebut tidaklah murah ataupun mungkin memiliki sebuah kenangan tersendiri. Nah apabila seorang Concierge tidak menerapkan standar operasional prosedur dengan benar, maka bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan disaat penanganannya dan itu akan mengakibatkan kepercayaan pelayanan kita akan menjadi menurun. Menjadi seorang yang dapat diandalkan itu haruslah mampu mendelivered semua permintaan dari tamu-tamu kita yang ada di hotel, berarti disini bisa dikatakan seorang Front Office haruslah memiliki sedikit tidaknya pengetahuan dari seluruh departemen lainnya karena akan banyak juga tamu-tamu yang akan bertanya ataupun berkeluh tentang pelayanan yang ada pada departemen lainnya, jadi kita mampu menjawab segala jenis keluhan ataupun pertanyaan dari tamu-tamu kita. Di kampus Elizabeth yang notabene adalah kampus terbaik di Bali juga mengajarkan hal-hal yang akan membuat mahasiswanya tidak hanya memiliki pengetahuan yang mumpuni tetapi juga memiliki rasa disiplin yang baik, sehingga kedepannya kampus ini berharap mahasiswanya akan menjadi orang yang dapat diandalkan.

Itulah tiga hal penting yang harus dimiliki oleh seorang Front Office attendance, yang kita ketahui departemen ini menjadi pusat dari segala jenis pelayanan yang ada di Hotel. Tidak salah Front Office dikatakan sebagai jantungnya atau pusat dari sebuah Hotel, jadi untuk apa ragu apabila para pembaca ingin berkarir di dunia perhotelan dan senang untuk mengobrol dengan orang-orang dari mancanegara kenapa masih bingung untuk mencari kampus terbaik. Di Elizabeth International kalian akan diajarkan tidak hanya Knowledge, Skill, ataupun Attitude tetapi juga basic-basic fundamental yang harus dimiliki oleh para Front Office juga akan diajarkan disini. Kebetulan Elizabeth masih membuka second intake dibulan September ini untuk jurusan Double Major Room Division yang juga akan mendapatkan pengetahuan tentang Front Office dan Room Division (Housekeeping). 

Super News! Untuk Putra-Putri terbaik Indonesia.

Bagi kalian yang masih belum memutuskan untuk kuliah atau terlambat daftar >>> @elizabeth_international memberikan kesempatan kepada #ezzian di Nusantara dengan Membuka

Pendaftaran Gelombang ke-2 (Kuliah Bulan November 2022) Dengan Pilihan Program Studi 1 Tahun:

?Bar & Mixology

?Pastry & Bakery

?Double Major Food & Beverage Division

?Double Major Room Division

Wujudkan impian hebat kalian dan merasakan pengalaman belajar terbaik dengan pengakuan global di industri Hospitality & Entrepreneur di @elizabeth_international

Semua didukung dengan Fasilitas Belajar dengan Standard International Hotel Brand serta metode belajar Happy Brain Learning yang telah sukses menghasilkan Puluhan Ribu Alumni yang telah sukses di Dunia Kerja Profesional dan Entrepreneur dan Pastinya team pengajar yang telah disertifikasi CHE - Certified Hospitality Educator by AHLEI-USA..

#elizabeth_international #elizabethinternational #hotelschool #businessschool #sekolahperhotelan #sekolahperhotelanbali #kuliahperhotelan #sekolahpariwisata #kampusperhotelan #digitalmarketingschool #sekolahdigitalmarketing #culinaryschool #managementschool