Tahukah Kalian, Perilaku Konsumen apa saja Yang Berubah pasca Pandemi Covid-19

Hai generasi millennials dan Z….kita selayaknya mampu melihat pandemi Covid-19 dari kedua sudut pandang berbeda, yang pertama bahwa boleh saja kita memandang ini sebuah bencana besar bagi seluruh masyarakat dunia, yang “memaksa” kita memiliki sikap menyesuaikan dengan kondisi tersebut demi kesehatan dan keselamatan kita semua, namun yang kedua adalah kita harus memiliki sudut pandang bahwa dibalik setiap kejadian, bahkan sebuah bencana sekalipun kita akan menemukan hal – hal positif dibelakangnya serta berguna bagi kehidupan kita.

  Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun ini (hingga tulisan ini dimuat), kita telah mampu merubah kebiasaan kita untuk kita sesuaikan dengan covid-19 itu sendiri. Demi menekan penyebaran virus tersebut kita telah mampu dan berkelanjutan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan melaksanakan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi perjalanan dan menghindari kerumunan. Sudahkah kita menyadari bahwa perubahan kebiasaan tersebut, telah berpengaruh terhadap pola bisnis di negara kita dan dunia. Betapa tidak, banyak bisnis yang perpatokan pada pengelolaan manusia atau dikenal dengan istilah people industry, ini berpengaruh sangat besar terhadap bisnis itu sendiri, dimana orang – orang dilarang bepergian, berkerumun bahkan bersentuhan.

Memasuki tahun ketiga pandemi Covid-19, telah membawa harapan lebih cerah dimana tingkat terpaparnya masyarakat secara signifikan sudah menurun termasuk juga korban jiwa, mulai dibukanya hotel, destinasi dan obyek wisata, kebijakan perjalanan dan kedatangan. Ini adalah sinyal bahwa kita harus siap menyongsong dunia pariwisata dan perhotelan yang baru. Kampus perhotelan saat ini sewajarnya memiliki wawasan yang harus ditekankan kepada para mahasiswa akan perubahan yang terjadi. 

Pada sektor bisnis perhotelan, pola pemasaran dan penjualan, sales and marketing, pada dekade terakhir hingga menjelang pandemic telah berubah dan meningkatkan prosentase pemasaran dan penjualan kamar hingga 60% hingga 70% bergeser dari pola offline menuju pola pemasaran dan penjualan online. Memang, pada awalnya pergeseran ini terjadi bukan terjadi karena merebaknya covid-19, namun perilaku konsumen yang mengarah kepada kenyamanan dan kemudahan bertransaksi.

Pergeseran perilaku konsumen ini akhirnya berlanjut pada masa pandemic covid-19. Pergeseran konsumen ini tentu harus diikuti oleh semua penyedia layanan bisnis termasuk dunia pariwisata dan perhotelan. Hotel, telah memberikan pondasi kuat untuk ini, dengan memberikan porsi khusus kepada staf e-commerce mengelola pemasaran dan penjualan secara online, melakukan koordinasi dan menjalankan kontrak kerja dengan Online Travel Agent (OTA), serta memonitor sistem koordinasi dengan OTA tersebut yang dikenal dengan istilah Channel Manager.

Kreativitas online seorang e-commerce staff pada sebuah hotel, ini mampu meningkatkan revenue (pendapatan) hotel secara signifikan, bahkan dewasa ini mampu mendominasi seluruh cara penjualan yang dilakukan oleh hotel.

Elizabeth International, sebagai salah satu kampus perhotelan dan bisnis terbaik di Indonesia, telah membuka jurusan keren yaitu Hotel Frontliner and Digital Marketing, dimana jurusan ini mempersiapkan mahasiswa selain untuk memiliki kemampuan yang mahir dalam bidang Front Office, juga mampu memiliki literasi online dari tingkat dasar hingga aplikatif. Menekuni perkuliahan pada jurusan ini, akan memberikan wawasan yang mendalam mengenai perilaku pasar yang saat ini didominasi oleh ranah online, memahami e-commerce secara umum dan marketplace secara lebih spesifik, mampu memfungsikan marketplace untuk membangun bisnis dan usaha kecil oleh mahasiswa atau kelompok bisnis mahasiswa. Sebagaimana brand kampus Elizabeth International yang telah berubah menjadi “hotel and business school”, telah memberikan keyakinan kepada mahasiswa bahwa lulus dari kampus terbaik ini bukan hanya memberikan peluang karir di hotel, cruise line maupun sektor pariwisata lainnya secara umum, namun juga memiliki peluang yang sangat besar untuk mengelola bisnis sendiri dan menjadi entrepreneur, wirausaha muda yang sukses.

Yakin, sukses jadi mudah, 

Salam Sukses Luar Biasa buat kita semua………

Pendaftaran @elizabeth_international masih dibuka dengan Kuota Terbatas!

Ratusan Sahabat dan Teman Kalian Sudah Mengikuti Tes Seleksi Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi Tahun Ajaran Baru 2022. Hujan Pertanyaan dari Para Calon Mahasiswa-Mahasiswa via DM, Email dan Whatsapp Team Ezzy Care Service Menanyakan "Apakah Pendaftaran #elizabeth_international masih dibuka?" 

 

Kabar Baik Untuk Kalian Semua Para #Ezzian

Pendaftaran untuk Tahun Ajaran Baru 2022 Masih di Buka! Serta kabarnya Seluruh Mahasiswa-Mahasiswi akan diberikan Gratis Mata Kuliah Pilihan Bahasa Asing Seperti Jerman, Perancis, Mandarin dan Jepang berkolaborasi dengan YES Study salah satu Academic Global Partner.

Benefit tambahan ini pastinya akan menjadi hal yang luar biasa dimana saat ini @ezzy.career Bursa Kerja Khusus #elizabethinternational yang selalu hadir dengan ratusan kesempatan kerja di Luar Negeri baik Kapal Pesiar atau Land Base dan memiliki tambahan Skill Bahasa Asing akan Memberikan Nilai Unggul Lebih dalam Persaingan Kerja International.

Yuk! Buruan Join #ezzy! Pastikan kesempatan untuk merasakan pengalaman Kuliah Berasa di Luar Negeri menjadi milik kalian. 

Daftar Cepat via Instastory @elizabeth_international 

 

#elizabeth_international #kampusperhotelan #sekolahperhotelan #hotelschool #businessschool